pkk.pekalongankota.go.id
24 Januari 2022
pkkpekalongan@gmail.com
(0285) 421092

Berita

TP PKK Kota Pekalongan Perkuat Sinergi dengan OPD

TP


TP PKK Kota Pekalongan Perkuat Sinergi dengan OPD



Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pekalongan gelar Rapat Koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan, Kamis (09/12) di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan. Rapat tersebut digelar guna sinkronisasi kegiatan TP PKK dengan kegiatan OPD terkait.



Acara terserbut dibuka secara langsung oleh Walikota Pekalongan, H. A. Afzan Arslan Djunaid.



Walikota berpesan dalam sambutannya bahwa ada beberapa kegiatan yang bisa disinergikan dengan kegiatan TP PKK. Akan tetapi harus ada komitmen dari TP PKK sendiri agar keberlangsungan kegiatan OPD bisa berjalan dengan baik. 



"Saya berharap sinergi ini bisa berjalan dengan baik demi Kota Pekalongan yang lebih maju, akan tetapi komitmen bersama juga harus ditekankan," kata Walikota.  



Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengatakan bahwa Tim Penggerak PKK merupakan organisasi masyarakat yang merupakan mitra pemerintah, memiliki Program Kerja yang lebih dikenal dengan 10 Program Pokok PKK. Dalam pelaksanaannya, PKK memiliki kader secara berjenjang mulai dari TP PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan sampai dengan dasa wisma yang merupakan kumpulan 10-15 rumah tangga. 



Sehubungan dengan hal tersebut, Inggit menyampaikan beberapa hal. Sebagai mitra pemerintah, maka sinergi dengan OPD dalam pelaksanaan tugas merupakan suatu keharusan. Di sisi lain, OPD dapat memanfaatkan keterlibatan seluruh kader PKK sebagai potensi kekuatan untuk mendukung keberhasilan program.



Inggit Soraya menjelaskan, sinergi yang dimaksud jangan ditafsirkan bahwa Tim Penggerak PKK ingin ikut campur ataupun intervensi dalam pelaksanaan program dan kegiatan OPD. 



"Tujuannya semata-mata agar semua bergerak bersama dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama. Misalnya saja terkait dengan penanganan stunting dapat dilakukan kegiatan secara bersama antara Dinas Kesehatan dengan kami," Kata Inggit.



Tim Dokumentasi Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Pekalongan



Source : https://protokol.pekalongankota.go.id//berita/tp-pkk-kota-pekalongan-perkuat-sinergi-dengan-opd.html