pkk.pekalongankota.go.id
02 Juli 2020
pkkpekalongan@gmail.com
(0285) 421092

Berita

Peringati Hari Kartini, TP PKK Kota Pekalongan menggelar Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker rahim atau servik di Puskesmas

Peringati


Kota Pekalongan
Memperingati Hari Kartini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan memberikan ‘ hadiah’ bagi kaum wanita di Kota Batik. Dimotori Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Mereka menggelar Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker rahim atau servik di Puskesmas Bendan, Selasa (21/4/15).

Acara itu sendiri mendapat sambutan antusias dari kaum perempuan terutaa ibu-ibu, yang selama ini kurang memahami kanker rahim atau servik.

Menurut Kepala Dinkes Kota Pekalongan Dwi Heri WIbawa, meski tidak banyak wanita yang dilaporkan menderita penyakit kanker rahin atau servik. Namun tidak menutup kemungkinan hal itu dikarenakan masyarakat terutama kaum perempuan belum tahu cara melakukan deteksi dini terhadap neyakit tersebut.

“Kasus kanker servik memang tidak banyak di Kota Pekalongan, namun kali ini kami menggelar gerakan pencegahan atau deteksi dini melalui Iva tes di Puskesmas karena caranya cukup mudah dan tidak harus menggunakan tekhnologi yang sulit,” katanya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Pekalongan yang juga Ketua DPRD Balgis Diab saat melakukan pantauan di Puskesmas Bendan apa yang dilakukan ini adalah untuk melindungi kaum perempuan dari kanker rahim atau servik.

“Acara ini dilakukan untuk mendukung kesehatan kaum perempuan di Kota Pekalongan,” tegasnya.

Ditambahkan oleh Balgis, kegiatan deteksi dini ini tidak hanya berhenti sampai disini.

“Jika sampai terdeteksi ada ibu – ibu atau kau perempuan yang menderita kanker rahim atau servik ini maka kami akan menindak lanjutinya dengan memeriksakan yang bersangkutan ke dokter internis dan mendapatkan penanganan semestinya sampai sembuh,” janjinya.

Source : https://www.pekalongan-news.com/2015/04/peringati-hari-kartin-tp-pkk-kota.html